RegionalSerba Serbi

Siarkan Lagu Paslon Bupati di Radio, ASN Sukoharjo Diberi Sanksi

SUKOHARJO – Direktur utama radio TOP FM Sukoharjo dikenai sanksi karena memutar lagu sosialisasi salah satu bakal pasangan calon bupati. Radio tersebut merupakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Korodinator Divisi Humas Bawaslu Jateng, Rofiuddin mengatakan sanksi dari dijatuhkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kepada Dirut bernama Dewi Erlinawati yang merupakan ASN. Sanksi dijatuhkan setelah sebelumnya ada rekomendasi Bawaslu Sukoharjo.

Sanksi diketahui dari surat rekomendasi yang dikeluarkan KASN bernomor R-1033/KASN/4/2020. Surat tertanggal 3 April 2020 itu ditandatangani Ketua KASN Agus Pramusinto.

“Dalam surat tersebut, KASN merekomendasikan, ‘Menjatuhkan sanksi moral berupa pernyataan secara terbuka sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil atas nama Dewi Erlinawati’,” kata Rofi dalam siaran persnya, Rabu (22/4).

Radio tersebut menyiarkan lagu sosialisasi bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo Etik Suryani-Agus Santosa pada beberapa waktu, di antaranya 18 Januari 2020 pukul 10.04 WIB dan 14.14 WIB, 20 Januari 2020 pukul 10.13 WIB, 11.44 WIB, 12.51 WIB, 13.29 WIB, 14.21 WIB, 15.09 WIB dan 15.54 WIB, tanggal 23 Januari 2020 pukul 12.40 WIB.

“Dewi juga dinilai membiarkan terjadinya pemasangan kalender bakal paslon Etik-Agus di Kantor Radio TOP FM Sukoharjo,” katanya.

KASN juga melayangkan rekomendasi kepada Bupati Sukoharjo selaku pejabat pembina kepegawaian untuk menjatuhkan tindakan administratif atas rekomendasi Majelis Kode Etik apabila dalam pemeriksaan terdapat bukti-bukti pelanggaran lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“KASN memberikan tenggat waktu kepada Bupati Sukoharjo untuk melaksanakan rekomendasi ini paling lambat 14 hari terhitung sejak diterimanya rekomendasi ini,” jelasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *