Breaking NewsLifestyleNasional

Meriah dan Gayeng Panggung Kahanan di Pati

PATI – Geliat Panggung Kahanan di Kabupaten Pati benar-benar terasa gayeng  Sabtu (24/4/2021). Sebab ruang ekspresi seniman yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beda dari perhelatan sebelumnya di Kabupaten Kendal.

Sejumlah seniman turut ambil bagian meramaikan Panggung Kahanan. Mereka adalah Aulia Nirwana, Tari Njelmo dari Sanggar Seni Tondonegoro, Nita Ardania, Nadia Ulfa, Lek Mogol Ketoprak Wahyu Menggolo, Resa Lawangsewu, sineas Hajar Pramuji, dan Nurma Silvi. Adapun penampilan pamungkas adalah pemutaran film pendek berjudul Guru karya Hajar Pramuji.

Acara digelar secara virtual melalui akun Youtube dan Facebook Ganjar Pranowo. Panggung Kahanan juga menampung donasi masyarakat bagi seniman Jawa Tengah. Dengan donasi bisa disalurkan lewat rekening Bank Jateng nomor 2034191919 atas nama Panggung Kahanan.

Panggung Kahanan diselenggarakan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang bekerjasama dengan seniman dan musisi Jateng yang tergabung dalam Jateng Musik Gram dan didukung Bank Jateng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya memang mengadakan Panggung Kahanan untuk memenuhi janji kepada seniman.

“Ini janji saya pada seniman. Kita buat Panggung Kahanan,” kata Ganjar melalui komunikasi virtualnya.

Di antara seniman yang bisa tampil adalah para pemain ketoprak. Mengingat, Pati memang dikenal sebagai kota dengan banyak kelompok ketopraknya. “Di Panggung Kahanan, saya dorong teman seniman bisa tampil. Teman seniman ketoprak juga bisa tampil,” ujarnya.

Seorang seniman ketoprak, Lek Mogol mengatakan, dirinya bersama seniman ketoprak di Pati lainnya merasakan dampak. “Selama pandemi memang membuat seniman ketoprak lesu. Ada sebagian seniman punya pekerjaan lain, tapi memang belum bisa maksimal,” kata dia.

Namun dengan adanya Panggung Kahanan, membuatnya bisa kembali berkreasi. “Bisa kembali berkreasi,” ujarnya.

Menurut Resa Lawangsewu, kegiatan Panggung Kahanan sudah amat baik. Karena seniman bisa berkreasi lagi meski dengan keterbatasan waktu. “Panggung Kahanan, baik acaranya. Cukup baik,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *