Pariwisata

Bupati Paparkan Potensi Pengembangan Wisata “Dolan Blora” Pada Menteri Parekraf RI

JAKARTA – Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si pada Rabu siang (19/5/2021) memenuhi undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta untuk berdiskusi dengan Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam rangka pengembangan Pariwisata
dan Ekonomi Kreatif daerah.

Dengan didampingi Staf Khusus Muhammad Mutiyono, Kepala Dinporabudpar, Slamet Pamudji, SH., M.Hum., dan Plt. Kepala Bappeda, Aunur Rofiq, SE., M.Si., Bupati menyampaikan langsung beberapa potensi wisata dan kerajinan ekonomi kreatif kepada Menteri Sandiaga, dan disaksikan beberapa Kepala Daerah se Indonesia.

“Alhamdulillah tadi kita sampaikan beberapa potensi wisata Blora mulai potensi wisata migas, wisata alam hutan – heritage loko tour, wisata budaya kampung Samin, wisata kuliner, agrowisata buah, hingga beberapa kawasan desa wisata. Termasuk seni atraksi barongan, tayub dan sebagainya. Kita minta arahan Mas Menteri agar diberikan bimbingan langsung untuk mengembangkan ini semua sehingga bisa ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Terlebih saat ini pertumbuhan ekonomi sedang minus akibat pandemi,” ucap Bupati Arief.

Pihaknya juga menyampaikan beberapa kerajinan produk ekonomi kreatif yang patut untuk dikembangkan bersama mulai kerajinan kayu jati hingga batik tulis.

“Kedepan kita juga akan menggandeng investor event Borobudur Marathon untuk menggelar event serupa di Blora, mengingat potensi wisata olahraga di Blora khususnya cabang atletik juga bagus,” tambah Bupati.

“Selain menyiapkan itu semua, yang tidak kalah penting adalah menyiapkan infrastruktur pendukungnya. Seperti pembangunan akses jalan yang akan kita prioritaskan. Setelah itu menggenjot promosi dengan memanfaatkan teknologi digital dan penyiapan SDM nya dengan merangkul kalangan muda milenial. Kami berharap Mas Menteri nanti bisa datang ke Blora untuk melihat potensinya langsung dan memberikan pengarahan. Ditunggu untuk Dolan Blora,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengapresiasi penyampaian potensi wisata dan kerajinan yang disampaikan Bupati Blora.

“Blora ini sudah beberapa kali saya kesana. Potensinya bagus, tinggal gimana kita tata pengelolaannya. Desa wisatanya juga nanti kita dampingi, kemudian kerajinan jati dan batiknya,” kata Sandiaga Uno.

“Apalagi di Blora dalam waktu dekat juga ada Bandara Baru, itu akan menjadi pengungkit sektor pariwisata juga. InshaAllah saya siap untuk datang ke Blora. Meskipun letaknya agak jauh dari wilayah prioritas seperti Borobudur, Blora saya rasa juga punya potensi khas yang unik. Kulinernya juga pasti enak,” ungkap Sandiaga Uno.

Melalui acara KolaborAksi ini, dirinya berharap bisa membangun komitmen bersama dengan para Kepala Daerah untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata guna mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Pastikan setiap program betul-betul tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu menyentuh seluruh pelaku parekraf yang membutuhkan pertolongan untuk mempertahankan lapangan kerjanya. Kemudian pastikan masyarakat mendapat peningkatan keterampilan agar mampu memanfaatkan peluang sehingga terbuka lapangan kerja dan terciptanya ekonomi yang berkeadilan, ” tambah Sandiaga.

“Semangat untuk masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Saatnya kita bangkit dari sulit, menang melawan covid!, ” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *