Uncategorized

Indonesia Matangkan Persiapan FIBA Asia Cup 2021

JAKARTA – Pemerintah terus mematangkan persiapan FIBA Asia Cup 2021 atau Piala Asia Bola Basket 2021 yang akan dihelat pada bulan Agustus mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, selain menargetkan sukses dalam penyelenggaraan juga bisa meraih prestasi.

“Niat kita, kita menjadi penyelenggara yang baik tetapi juga harus punya prestasi dalam tim nasional kita,” ujarnya dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Terbatas mengenai Persiapan Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 dan World Superbike 2021 Indonesia Grand Prix yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, Rabu (2/6).

Menpora menambahkan, dirinya sudah melaporkan mengenai kesiapan sarana dan prasarana serta tim nasional basket Indonesia dalam menghadapi ajang kompetisi basket antarnegara di kawasan Asia Pasifik ini. Menanggapi laporan tersebut, Jokowi meminta jajaran terkait untuk mempersiapkan penyelenggaraan ajang internasional ini dengan baik.

“(Presiden) memberikan arahan kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya karena waktunya sudah sangat mepet,” ujarnya.

Zainudin memaparkan, tim basket yang masuk ke dalam delapan besar FIBA Asia Cup 2021 ini akan secara otomatis dapat berlaga di ajang Piala Dunia Bola Basket 2023 atau FIBA World Cup 2023. Meskipun tidak mudah, Menpora meyakini kesempatan yang diberikan oleh FIBA untuk menjadi tuan rumah Piala Asia Bola Basket 2021 ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk lolos ke ajang Piala Dunia Bola Basket 2023 di mana Indonesia juga akan menjadi tuan rumah bersama dengan Filipina dan Jepang.

“Memang ini tidak mudah, maka kesempatan yang diberikan oleh FIBA untuk menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup itu kita langsung tangkap dan kita menyatakan kesediaan. Karena dengan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup, maka kesempatan kita untuk bisa lolos menjadi peserta FIBA World Cup–nya peluangnya terbuka,” tuturnya.

Berdasarkan dari hasil ajang Asian Games 2018 lalu di mana timnas basket Indonesia dapat berada pada posisi delapan besar, Menpora optimistis target untuk lolos ke Piala Dunia Bola Basket 2023 dapat tercapai.

“Kalau kita berkaca kepada Asian Games, tim nasional kita berada pada posisi delapan besar, maka insyaallah ini akan sama pada saat FIBA Asia Cup nanti,” pungkasnya. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *