Uncategorized

239 Anggota DPR Belum Setor LHKPN, Ketua KPK : Jauhi Potensi Praktik Korupsi!

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2019-2023, Firli Bahuri

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mencatat bahwa sebanyak 239  belum mengirimkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK.

Menurutnya, dari dari 569 dewan, baru 330 pejabat di DPR RI yang menyetorkan LHKPN. 

“Ketaatan dan kepatuhan pembuatan laporan harta kekayaan penyelenggara negara masih menjadi perhatian kita yang serius. Tercatat, dari kewajiban laporan 569 (anggota DPR), baru 330 yang melaporkan diri. Sisanya 239 yang belum lapor atau tingkat persentase laporan baru 58 persen,” kata Firli dalam diskusi daring di Youtube, Selasa (7/9/2021).

Mantan Ajudan Mantan Wapres RI, Boediono ini tak bosan mengimbau agar anggota DPR yang belum melaporkan harta kekayaannya segera membuat laporan. Salah satu tujuannya untuk pengendalian agar terhindar dari praktik korupsi.

“Sebagai pertanggungjawaban publik kepada rakyat yang memilih kita,” ucap Firli.

Lanjut Firli mengatakan, laporan harta kekayaan sebagai bentuk contoh warga negara yang taat dan memiliki komitmen dalam upaya menjauhi potensi korupsi.

“Kita tunjukan sebagai warga negara, anak bangsa yang memiliki komitmen untuk melakukan pemberantasan dan tidak ramah dengan praktik korupsi kolusi maupun nepotisme,” imbuhnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *