Nasional

Peringati Hari Santri, Jokowi Dorong Santri jadi Wirausahawan

JAKARTA, Melihat Indonesia.id – Pada hari Santri Nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato mendorong santri di Indonesia untuk menjadi wirausahawan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memperingati Hari Santri Nasional tahun 2021. Jokowi mengatakan, bila santri menjadi wirausahawan akan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat muslim.

“Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang,” kata Jokowi di Istana Negara, Hari ini (22/10).

Untuk mewujudkannya, Jokowi mendorong peningkatan pendidikan pesantren dan madrasah. Sehingga dapat menciptakan lulusan yang kreatif dan berkewirausahaan.

Mantan Walikota Solo itu juga menyebut akan memberi dukungan pada sektor pembiayaan bagi pelaku usaha. Terdapat sejumlah skema yang diberikan seperti Kredit Ultra Mikro, program Mekaar, program Kredit Usaha Rakyat, dan Bank Wakaf Mikro.

“Saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga mendorong pelaku usaha untuk mengikuti perubahan digital. Sehingga nantinya seluruh usaha Indonesia masuk dalam perdagangan digital dan rantai pasok global.

Sebelumnya, Jokowi menargetkan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia tahun 2024. Tidak hanya produk makanan halal, Jokowi juga menargetkan hal tersebut termasuk dalam sektor fashion muslim.

“Saya target tujuan tersebut dapat tercapai pada 2024,” ucap Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia Digital Edition tahun 2021.

Jokowi menambahkan pasar produk halal dunia memiliki potensi besar. Berdasarkan laporan ekonomi state of global islamic tahun 2020-2021, belanja warga muslim dunia mencapai lebih dari US$ 2 triliun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *