Berita Pilihan

Firli Ulang Tahun, MAKI : Anda Layak Dapat Empat Bintang

JAKARTA – Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) mengirim karangan bunga ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperingati ulang tahun Ketua KPK Firli Bahuri ke-58, Kemarin (8/11).


MAKI selama ini diketahui sangat kritis terhadap kinerja pemberantasan korupsi di KPK, termasuk juga kerap menyoroti persoalan etika jajaran komisioner, tak terkecuali Firli Bahuri.

MAKI, misalnya, pernah lantang menyuarakan agar Dewan Pengawas KPK mengusut dugaan gratifikasi di balik penggunaan helikopter mewah yang digunakan oleh Firli.


MAKI juga pernah menggugat Firli selaku ketua KPK agar mengungkap sosok ‘King Maker’ kasus Jaksa Pinangki.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan pemberian karangan bunga tersebut dilakukan sebagai bentuk penyemangat bagi ketua KPK dalam memberantas korupsi. Dia berharap semangat Firli tidak luntur walau nantinya pensiun dari Polri.

Adapun dalam karangan bunga yang dikirim MAKI itu termuat tulisan “Selamat Ulang Tahun Pak Firli, Anda Layak Dapat Empat Bintang.”

“Untuk penyemangat, semoga setelah Ultah bersamaan pensiun maka akan garang. Makanya aku menyemangatinya dengan cara kirim karangan bunga dengan ucapan begitu,” jelasnya ketika dikonfirmasi.

“Aku tulus dari hati yang paling mendasar memberikan selamat ulang tahun Pak Firli. Semoga makin hebat memberantas korupsi,” imbuhnya.

Boyamin menilai, jabatan yang diemban Firli sebagai ketua KPK sudah selayaknya mendapatkan bintang 4 di Kepolisian. Bahkan menurutnya, Firli sudah setingkat dengan kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan.

“Dalam pangkat tertinggi Polri adalah empat bintang, jadi mestinya Pak Firli layak dapat karena prestasinya jadi ketua KPK,” pungkasnya.

Kadiv Humas Polri Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, Firli Bahuri baru akan resmi keluar dari Korps Bhayangkara karena pensiun pada akhir November 2021 nanti.

Hal tersebut sesuai dengan aturan internal Polri bahwa personel yang pensiun terhitung satu bulan dari batas umur yang diatur.

“Sesuai dengan Peraturan Kapolri, semua personel Polri pensiun terhitung mulai 1 bulan ke depan,” kata Argo saat dikonfirmasi, Kemarin (8/11).

Firli diketahui memasuki usia 58 tahun pada 8 November 2021. Ia merupakan perwira tinggi (Pati) Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) alias bintang tiga.

Sebelum menjadi pucuk pimpinan KPK, ia mengemban sejumlah jabatan tinggi di Korps Bhayangkara. Posisi terakhir yang dia jabati ialah Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Firli juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Banten, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Kemudian ia dipindahkan ke KPK sebagai Deputi Penindakan dan kembali ke Polri sebagai Kapolda Sumsel.

Ia menjabat sebagai Ketua KPK pada 20 Desember 2019. Ia menggantikan pendahulunya, Agus Rahardjo di lembaga antirasuah tersebut.

Di era Firli, KPK memecat total 57 pegawai yang berasal dari beragam unsur dan tugas. Mereka tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) yang merupakan syarat alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN) di KPK.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *