Lifestyle

MANFAAT BUAH ALPUKAT DARI KESEHATAN TUBUH SAMPAI WAJAH

Buah Alpukat memang sudah tidak asing lagi di kalangan semua orang, karna di dalam  buah alpukat terkandungan lemak tak jenuh tunggal atau bisa disebut lemak baik. Buah dengan warna kulit hijau ini juga mengandung serat, karbohidrat, protein yang memang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak hanya itu, ada pula magnesium, folat, lutein, kalium, dan berbagai vitamin termasuk vitamin C, A, B, K, dan E pada buah ini. 

Manfaat buah Alpukat bagi Kesehatan tubuh antara lain

1. Menjaga Berat Badan

Karena alpukat mengandung karbohidrat dan serat, mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik.

Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kalorinya cukup tinggi, yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.

2. Memelihara  Kesehatan Jantung

Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang baik bagi jantung. Riset menunjukkan bahwa pola makan tinggi buah dan sayuan, termasuk buah alpukat, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Mengontrol tekanan darah

Alpukat kaya akan kalium. Mineral ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalium juga baik untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur.

4. Mengurangi risiko terjadinya kanker

 

Alpukat menjadi salah satu buah yang kaya nutrisi dan sangat menyehatkan. Kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat, juga vitamin di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Membiasakan mengonsumsi buah dan sayuran, tak terkecuali buah alpukat bisa membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh. 

Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol jahat atau LDL yang terlalu tinggi tentu tidak baik karena dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung, sehingga meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan jantung. Inilah mengapa, buah alpukat dianjurkan menjadi buah dalam menu sehat pengidap masalah kardiovaskular. 

Selain bermanfaat untuk tubuh ternyata buah Alpukat juga bisa bermanfaat untuk keserhatan kulit  wajah kamu loh

Buah Alpukat yang kaya akan Nutrisi dan antioksidan ini banyak penelitian yang meneliti buah alpukat untuk dijadikannya Masker wajah, Pembersih Wajah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu Yuk kita cari tau manfaat alpukat bagi kulit wajah

Inilah manfaat Alpukat untuk kulit  Wajah yang wajib kamu tau, diantaranya :

1.      Melembapkan kulit

Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral. Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat masalah tertentu, seperti eksim dan jerawat.

2.      Mencegah penuaan dini

Buah alpukat mengandung karotenoid, termasuk lutein dan zeaxhantin, yang dapat mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas berlebih. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan asam omega-3 yang dapat mencegah keriput dan mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

3.       Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Karotenoid yang terkandung di dalam alpukat juga dapat mencegah kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Namun, pastikan untuk tetap menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, ya.

4.      Mencegah timbulnya jerawat

Kandungan omega-3, vitamin C, dan antimikroba di dalam buah alpukat dapat mengurangi munculnya jerawat. Jika ingin hasil yang maksimal, tambahkan minyak alpukat dalam masker alpukat yang Anda gunakan.

Tak hanya masker, alpukat juga menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah dan melembapkan kulit.

Selain beberapa manfaat di atas, masker alpukat juga diyakini dapat mengatasi kulit kering, menenangkan kulit, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas masker alpukat bagi kesehatan kulit wajah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.