Pariwisata

Panorama Danau 3 Warna Gunung Kelimutu, Flores

Mungkin dari sekian banyak orang di Indonesia mungkin hanya minoritas orang yang sudah mengetahui betapa indahnya destinasi wisata yang ada di Gunung Kelimutu, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1.639 meter dan memiliki tiga danau yang mempunyai warna berbeda-beda pada setiap danau hal ini yang membuat  Gunung Kelimutu mempunyai  pemandangan yang sangat fantastis

Tiga danau yang ada di atasnya memiliki nama dan artisesuai dengan warna airnya. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Masyarakat setempat percaya saat air danau berubah warna, mereka harus mempersembahkan sesajen.

Danau ini pertama kali ditemukan oleh orang Belanda Van such Telen pada tahun 1915. Secara ilmiah perubahan warna Danau Kelimutu merupakan faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya Matahari. Para ilmuwan yakin bahwa danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada zaman purba. Fenomena ini telah menarik perhatian para ahli geologi karena keberadaan danau yang memiliki tiga warna yang berbeda namun berada di gunung yang sama ini. Masyarakat lokal di Moni, yakin bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar danau telah berbuat jahat dan meninggal.

Bukan hanya keindahan Danau tiga warna yang menyajikan keindahan Gunung Kelimutu ini, di gunung ini terdapat Taman Nasional Gunung Kelimutu, dan di Taman Nasional ini kamu dapat meilhat burung-burung yang keberadaanya sudah hampir punah karena disini adalah salah satu habitat para burung-burung yang hampir punah di Indonesia, terdapat 19 jenis burung yang hampir punah disini, oleh karena itu jika kamu berkunjung kesini tolong jaga fauna yang ada di Gunung Ini yaa.

Menyaksikan keindahan alam sempurna saat matahari kembali ke peraduannya sambil menikmati teh jahe adalah hal yang biasa dilakukan saat para pendaki mengunjungi Gunung Kelimutu ini

Sebagai informasi mengenai Danau 3 warna ini hanya bisa kamu temukan di Indonesia loh, jadi kapan kamu mau berdestinasi ke Gunung Kelimutu dan menyaksikan 3 warna indah  yang disajikan oleh alam menakjubkan ini?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.