Pariwisata

Benteng Rotterdam salah satu wisata bersejarah di Makassar

Ingin berwisata dan menyukai tentang sejarah? Tenang di Indonesia banyak sekali menyajikan tempat wisata dan juga dapat belajar tentang sejarah didalamnya, salah satu tempat wisata di Indonesia terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Benteng Rotterdam atau juga bisa disebut Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung. Pada awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari pegunungan karst yang ada di pegunungan Maros. Benteng Ujung Pandang ini berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak ke lautan, dari bentuknya sudah sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa bahwa penyu dapat hidup didarat maupun di laut. Begitupun Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan.

Pada saat Belanda menempati benteng ini, nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam. Cornelis Speelman sengaja memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Sekitar 200 tahun Belanda menggunakan benteng ini sebagai pusat pemerintahan, ekonomi dan berbagai macam aktivitas. Pada 1937 kepemilikan Benteng Rotterdam oleh Dutch Indies Goverment diserahkan kepada Fort Rotterdam Foundation. Benteng ini terdaftar sebagai bangunan bersejarah pada 23 Mei 1940.

Di kompleks Benteng Ujung Pandang kini terdapat Museum La Galigo yang di dalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallo) dan daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Sebagian besar gedung benteng ini masih utuh dan menjadi salah satu objek wisata di Kota Makassar.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia Nomor PM.59/PW.007 Benteng Rotterdam ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya pada tanggal 22 Juni 2010./MKP/2010.

Karena letaknya yang cukup strategis dan benteng ini juga tidak jauh dari pantai Losari yang merupakan Landmark dari kota Makassar, hanya dengan menempuh jarak kurang lebih 1 km dan bisa menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju Benteng ini pun kamu juga akan disajikan pesona lautan yang begitu indah. Objek Wisata ini selalu ramai setiap akhir pekan dan musim liburan karena akan keindahan dan keunikan salah satu Benteng bersejarah di Indonesia ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.