Lifestyle

Olahraga Ringan Dapat Turunkan resiko Depresi, Ini Penjelasannya

Salah satu manfaat olahraga yakni untuk meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan, mencegah penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang mampu menurunkan risiko Depresi.

Tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, menjaga tulang tetap kuat, dan bahkan membantu kesehatan kulit dan rambut, tetapi juga melawan kecemasan dan depresi yang mengarah pada kesehatan mental yang lebih baik.

Temuan analisis tersebut terus membuktikan bahwa olahraga tidak hanya untuk mencapai tujuan kebugaran estetika, tetapi juga untuk kesehatan holistik. Memang benar bahwa jika Anda merasa tertekan atau cemas, akan lebih sulit untuk bangun dan bergerak, tetapi melakukan itu adalah kunci untuk kesehatan mental yang lebih baik.

Para Peneliti Juga menemukan bahwa orang dewasa yang melakukan aktivitas setara dengan 1,25 jam jalan cepat per minggu memiliki risiko depresi 18 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga.

Sementara bila naik ke intensitas yang lebih tinggi dengan aktivitas yang setara dengan 2,5 jam jalan cepat per minggu dikaitkan dengan risiko depresi 25 persen lebih rendah.

Ternyata selain untuk menurunkan depresi olahraga juga memiliki manfaat yang banyak sekali  diantara lain :

  1. Menekan Risiko Osteoporosis

Olahraga dengan mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia, seperti osteoporosis.

  • Menunda Keterbatasan fisik saat usia tua

Selanjutnya, manfaat olahraga bagi tubuh, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.

  • Meningkatkan kemampuan Otak

Manfaat olahraga untuk otak salah satunya adalah meningkatkan kemampuan kognisi terutama untuk anak-anak usia 6 sampai 13 tahun. Sementara bagi orang dewasa dapat mengurangi perasaan cemas. 

Hal ini juga dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan serta membantu Anda tidur lebih nyenyak. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga ketajaman pikiran seiring dengan bertambahnya usia. 


  • Menjaga Berat badan

Manfaat olahraga juga dapat menjaga berat badan ideal, menurunkan berat badan berlebih, atau mempertahankan keberhasilan penurunan berat badan.  Berat badan akan bertambah ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori melalui makan dan minum dan tidak sebanding dengan jumlah kalori yang dibakar.

  • Membantu meningkatkan suasana hati

Manfaat olahraga secara rutin juga dapat merangsang berbagai zat kimia dalam otak dan dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan tidak terlalu cemas. Manfaat melakukan aktivitas fisik secara teratur juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan harga diri Anda.


  • Mencegah resiko terkena penyakit

Selanjutnya, manfaat olahraga juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit tertentu seperti penyakit jantung. Penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan juga Indonesia.  


  • Memperkuat tulang dan otot

Manfaat olahraga aerobik juga dapat memperlambat hilangnya kepadatan tulang seiring dengan bertambahnya usia.  Selain itu, manfaat olahraga teratur juga menurunkan risiko patah tulang pinggul, cedera akibat jatuh, artritis, dan rematik. 

Jenis olahraga yang bagus untuk memperkuat tulang dan otot di antaranya adalah aerobik, lari, jalan cepat, dan jumping jack.  


  • Meningkatkan Kebugaran dalam beraktivitas

Saat kondisi badan melemah maka aktivitas harian seperti naik turun tangga, berbelanja bahan makanan, atau melakukan pekerjaan rumah dan sehari-hari menjadi tidak bersemangat.  Manfaat olahraga secara rutin dapat meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. 


  • Meningkatkan kesempatan hidup lebih lama

Sains menunjukkan, manfaat olahraga dapat mengurangi risiko kematian dini akibat jantung dan beberapa jenis kanker.  

Orang yang aktif secara fisik selama sekitar 150 menit seminggu memiliki risiko 33% lebih rendah dari semua penyebab kematian dini dibandingkan mereka yang tidak aktif secara fisik.

Membantu tidur lebih nyenyak

Olahraga secara rutin dapat membantu tidur lebih nyenyak. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, dan membuat tidur lebih nyenyak. Hanya saja, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.