Kamis, Juli 18, 2024
Beranda » Agama » Cara Daftar Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion GBK

Cara Daftar Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion GBK

Melihat Indonesia

MELIHAT INDONESIA, JAKARTA – Paus Fransiskus akan memimpin perayaan misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, di sela lawatannya ke Indonesia.

Lantas, bagaimana cara menghadiri misa akbar bersama Paus Fransiskus di GBK? Simak artikel ini hingga tuntas.

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan, seluruh perencanaan mengenai misa di GBK masih dalam koordinasi dengan pengelola stadion.

Menurut dia, misa akbar dijadwalkan berlangsung di sela-sela kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada Selasa (3/9/2024) hingga Jumat (6/9/2024).

“Keuskupan akan diberitahu oleh panitia berdasarkan undangan yang diterima mengenai kuota masing-masing keuskupan yang mewakili keuskupan tertentu akan hadir di dalam misa akbar tersebut,” ujar Thomas dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Thomas menjelaskan, umat Katolik yang ingin menghadiri misa bersama Paus Fransiskus di GBK dapat bertanya kepada pihak resmi gereja, yaitu keuskupan di masing-masing wilayah.

Untuk diketahui, ada 40 keuskupan di wilayah Indonesia yang tersebar dari Medan, Sumatera Utara sampai Timika, Papua.

“Ada petunjuk-petunjuk teknis yang semuanya nanti akan diinformasikan dari pihak panitia kepada keuskupan masing-masing,” ujar Thomas.

Di sisi lain, ia menambahkan bahwa Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia tidak bekerja sama dengan pihak manapun dalam lawatan luar negeri Paus Fransiskus ke Tanah Air.

Ia mengimbau supaya umat katolik yang antusias dengan kedatangan Paus dapat mengunjungi laman www.mirifica.net.

“Mengenai misa di GBK dapat ditanyakan kepada pihak sekretariat masing-masing,” imbuhnya.

Agenda Paus Fransiskus selama di Indonesia

Terpisah, Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus Romo Anthonius Gregorius A Lalu menjelaskan, beberapa agenda Paus Fransiskus selama berada di Indonesia.

Pertama, Paus sebagai sebagai Kepala Negara Vatikan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Mantan Uskup Agung Buenos Aires tersebut juga dijadwalkan bertemu dengan para rohaniawan di Gereja Katedral, Jakarta.

Agenda Paus Fransiskus lainnya selama berada di Indonesia adalah bertemu dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Namun, ia belum bisa membeberkan, tanggal berapa Paus Fransiskus akan bertemu Jokowi maupun berkunjung ke Gereja Katedral serta Masjid Istiqlal.

“Agenda maupun program selama perjalanan apostolik Paus dalam rentang kunjungan tersebut masih dipersiapkan dan menunggu diumumkan resmi Vatikan, sehingga secara rinci belum diumumkan ke publik,” jelas Anthonius dalam keterangan tertulis, Kamis ((4/7/2024).

Ia menyampaikan, Paus Fransiskus akan hadir di Indonesia dalam kapasitasnya sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia dan Kepala Negara Vatikan.

Terkait misa akbar di GBK, Anthonius menuturkan, keterlibatan umat Katolik dalam penyambutan maupun perayaan misa di stadion ini hanya berlangsung di bawah koordinasi keuskupan, kevikepan dan paroki setempat.

“Petunjuk teknis mengenai keterlibatan umat, terutama dalam perayaan Ekaristi di Stadion GBK akan disampaikan pada waktunya hanya melalui jalur komunikasi resmi Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus yang dibentuk melalui Keputusan Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), yaitu melalui website www.mirifica.net,” imbuhnya. (*)

Recent PostView All

Leave a Comment

Follow Us

Recent Post

Diterbitkan oleh PT. Gaspol Media Indonesia

Direktur: Rizky Kurniadi 

Pemimpin Redaksi : Roziki

Redaksi: Fathurrahman, Mayda, Zashinta, Pangesti, Kiki, Nico 

Grafis: Immanullah, Wahyu 

Keuangan dan admin: Meyta, Yusrilia

Pemasaran dan Iklan: Nadiva, Krismonika

Kantor Pusat: Kagokan RT.01/RW.04, Gatak, Sukoharjo

Biro Jateng:  Jl Stonen Kavling 7A Kota Semarang

Telp: 0811313945

Email redaksi: redaksi@melihatindonesia.id 

Email iklan: iklan@melihatindonesia.id 

Copyright @ 2024 Melihat Indonesia. All Rights Reserved

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.