Kamis, Juli 18, 2024
Beranda » Feature » Nikmatnya Kerokan, Ternyata Ini Manfaatnya

Nikmatnya Kerokan, Ternyata Ini Manfaatnya

Melihat Indonesia

MELIHAT INDONESIA, JAKARTA – Menggunakan teknik sederhana dengan bantuan koin atau logam dan minyak, kerokan telah menjadi bagian dari budaya penyembuhan tradisional yang masih populer hingga saat ini.

Meski terlihat konvensional, banyak orang yang meyakini bahwa kerokan mampu memberikan rasa nyaman dan meredakan berbagai gejala tidak enak badan, terutama yang berkaitan dengan masuk angin.

Proses kerokan yang menghasilkan garis-garis merah pada kulit dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan angin dari tubuh, meskipun dari sudut pandang medis modern, mekanisme ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk dibuktikan.

Kerokan, yang sering dianggap sebagai terapi rumah yang sederhana dan murah, ternyata memiliki manfaat yang tidak boleh diremehkan.

Bnarkah ada penelitian menunjukkan bahwa kerokan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan aliran darah?

Selain itu, nimatnya sensasi hangat dan rasa sakit yang timbul dari proses kerokan dapat merangsang tubuh untuk melepaskan endorfin, yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami?

Mengutip alodokter.com, ternyata tidak hanya di Indonesia, teknik kerokan juga dipraktikkan di negara-negara lain, seperti China dan Vietnam.

Kerokan dilakukan dengan cara menggosokkan benda tumpul, seperti koin atau batu gua sha, ke permukaan kulit. Teknik ini kemudian akan menghasilkan bekas kemerahan pada area kulit yang dikerok.

Bekas kemerahan kulit ini dipercaya sebagai tanda adanya angin yang terperangkap di dalam tubuh dan menjadi penyebab munculnya keluhan masuk angin.

Semakin merah bekas kerokan, dianggap semakin banyak angin yang terjebak di tubuh.

Dari sisi medis, kerokan terbilang aman untuk dilakukan bahkan dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi gejala masuk angin.

Masuk angin itu sendiri adalah istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan berbagai keluhan, seperti rasa tidak enak badan, demam, pusing, nyeri otot, perut kembung, dan sering sendawa.

Metode kerokan, terlebih bila disertai dengan pijatan lembut, dapat membantu meredakan ketegangan otot leher yang kerap menyebabkan rasa pusing serta nyeri pada leher dan pundak.

Selain itu, kerokan dan pijatan juga dipercaya dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Hal-hal itulah yang menjadi alasan mengapa kerokan dapat membantu meredakan berbagai gejala masuk angin, mulai dari pusing hingga rasa tidak enak badan.

Kerokan memang bisa membawa manfaat bagi tubuh, seperti mengatasi masuk angin. Namun, dengan catatan, metode kerokan perlu dilakukan dengan cara yang tepat dan aman.

Apabila kamu ingin coba dikerok untuk mengatasi masuk angin, kamu bisa minta bantuan seseorang untuk melakukannya di area tubuh yang disarankan, seperti punggung, leher, bahu, atau lengan.

Sebelum memulai kerokan, mintalah untuk dioleskan minyak aromaterapi atau balsam pada area tubuhmu yang akan dikerok.

Kamu bisa memilih minyak atau balsam yang mengandung bahan tertentu, seperti kayu putih, peppermint, atau camphor. Namun, pastikan kamu tidak alergi dengan bahan yang terkandung di dalam balsam atau minyak yang dipakai, ya.

Pemakaian minyak atau balsam sebelum dikerok bermanfaat untuk membuat permukaan kulit menjadi lebih licin, sehingga kerokan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan minim rasa sakit.

Selain itu, bahan-bahan pada minyak aromaterapi atau balsam juga bisa menambah rasa hangat dan membuat tubuh menjadi lebih relaks.

Minta juga orang yang melakukan kerokan untuk mengerok secara perlahan terlebih dahulu. Bila kamu sudah terbiasa dengan tekanan dari kerokan, barulah minta ia untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan tekanannya sesuai dengan keinginanmu.

Dengan kerokan, diharapkan kondisi masuk angin yang kamu alami bisa teratasi tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan.

Namun, jika keluhan masuk angin tidak kunjung mereda atau disertai gejala tertentu, seperti muntah terus-menerus, demam tinggi, atau nyeri dada, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai penyebabnya.

Kelompok tertentu, seperti ibu hamil dan orang yang tengah mengonsumsi obat pengencer darah, juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba kerokan. (**)

Recent PostView All

Leave a Comment

Follow Us

Recent Post

Diterbitkan oleh PT. Gaspol Media Indonesia

Direktur: Rizky Kurniadi 

Pemimpin Redaksi : Roziki

Redaksi: Fathurrahman, Mayda, Zashinta, Pangesti, Kiki, Nico 

Grafis: Immanullah, Wahyu 

Keuangan dan admin: Meyta, Yusrilia

Pemasaran dan Iklan: Nadiva, Krismonika

Kantor Pusat: Kagokan RT.01/RW.04, Gatak, Sukoharjo

Biro Jateng:  Jl Stonen Kavling 7A Kota Semarang

Telp: 0811313945

Email redaksi: redaksi@melihatindonesia.id 

Email iklan: iklan@melihatindonesia.id 

Copyright @ 2024 Melihat Indonesia. All Rights Reserved

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.