Rabu, Juni 19, 2024
Beranda » Lifestyle » Seberapa Penting Kesehatan Seksual Bagi Manusia?

Seberapa Penting Kesehatan Seksual Bagi Manusia?

Melihat Indonesia

MELIHAT INDONESIA – Kesehatan seksual sangat penting bagi manusia karena berhubungan langsung dengan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional seseorang. Kesehatan seksual mencakup kemampuan untuk menikmati hubungan seksual yang aman dan menyenangkan, tanpa tekanan, paksaan, atau gangguan kesehatan.

Kesehatan seksual yang baik berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik dan hubungan interpersonal yang lebih harmonis.

Secara fisik, kesehatan seksual penting untuk mencegah penyakit menular seksual (PMS) dan masalah kesehatan reproduksi lainnya. Edukasi tentang kesehatan seksual membantu individu memahami cara menjaga diri dari infeksi dan bagaimana menjalani kehidupan seksual yang sehat.

Secara mental dan emosional, kesehatan seksual yang baik membantu mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperkuat ikatan emosional dalam hubungan.

Dengan demikian, kesehatan seksual adalah komponen integral dari kesehatan keseluruhan dan kesejahteraan seseorang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia kesehatan seksual dipengaruhi oleh jaringan faktor yang kompleks mulai dari perilaku dan sikap seksual dan faktor sosial, hingga risiko biologis dan predisposisi genetik.

Ini mencakup masalah HIV dan IMS/ISK, kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi, kemandulan dan kanker akibat IMS, dan disfungsi seksual.

Kesehatan seksual adalah keadaan sejahtera fisik, emosional, mental dan sosial dan bukan hanya bebas dari penyakit, disfungsi atau kelemahan.

Kesehatan seksual perlu mendapat perhatian besar karena tidak hanya menyangkut kesehatan fisik tetapi juga memiliki aspek psikologis. Aktivitas seksual membutuhkan pendekatan yang positif dan penuh hormat karena melibatkan hubungan serta kesenangan.

Kekerasan seksual adalah pengalaman mengerikan yang menyebabkan masalah fisik dan psikologis. Ketika wanita menghadapi pelecehan seksual, hal itu menyebabkan rasa sakit dan penderitaan yang luar biasa.

Pelecehan seksual seperti pemerkosaan menyebabkan mereka hamil dan karena mereka tidak siap menghadapi masalah kesehatan yang sebagian besar disebabkan oleh tekanan mental.

Kesehatan individu seseorang juga mempengaruhi kesehatan seksual orang tersebut. Jika seseorang menderita penyakit kronis atau kesehatan mental, hal itu memengaruhi kehidupan seksual dan kesehatan reproduksi lebih lanjut.

Itu selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan penyedia kesehatan tentang kesehatan seksual seseorang, karena bukan hanya kesehatan individu tetapi kesehatan keluarga individu yang mempengaruhi kehidupan seksualnya.

Kesehatan seksual seseorang perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan masalah serius terutama bila terdapat faktor risiko infeksi seksual. (*)

Recent PostView All

Leave a Comment

Follow Us

Recent Post

Diterbitkan oleh PT. Gaspol Media Indonesia

Direktur: Rizky Kurniadi 

Pemimpin Redaksi : Roziki

Redaksi: Fathurrahman, Mayda, Zashinta, Pangesti, Kiki, Nico 

Grafis: Immanullah, Wahyu 

Keuangan dan admin: Meyta, Yusrilia

Pemasaran dan Iklan: Nadiva, Krismonika

Kantor Pusat: Kagokan RT.01/RW.04, Gatak, Sukoharjo

Biro Jateng:  Jl Stonen Kavling 7A Kota Semarang

Telp: 0811313945

Email redaksi: redaksi@melihatindonesia.id 

Email iklan: iklan@melihatindonesia.id 

Copyright @ 2024 Melihat Indonesia. All Rights Reserved

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.